Inilah Penyebab Pebisnis Gagal Dalam Menjalankan Bisnis Mereka

Sebagai seorang pengusaha kita harus selalu belajar, terkadang kita belajar dengan para pengusaha yang telah mencapai kesuksesannya sekarang ini. Kita belajar dari kesuksesan mereka, tapi pernahkah kita melihat atau memperhatikan para pengusaha yang gagal dalam bisnis mereka.

Sesungguhnya para pengusaha yang gagal tersebut bisa menjadi contoh bagi kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan. Berikut ini 9 penyebab mengapa kebanyakan pebisnis gagal dalam bisnis mereka.

1. Mereka Pengusaha yang Hidup di Ruang Hampa

Sangat mudah untuk para pengusaha agar fokus, jadi mereka begitu sibuk dengan visi mereka sendiri sehingga mereka kehilangan perspektif. Sebenarnya itu menjadi salah satu kunci untuk Anda mendapatkan modal investasi dari investor-investor besar, serta mereka akan memberikan feedback untuk strategi yang Anda buat juga.

2. Ide Mereka Tidak Begitu Unik untuk Menyelesaikan Masalah yang Besar

Bertentangan dengan  anggapan yang ada diluar sana, “bahwa setiap masalah yang ada sudah di temukan solusinya”. Padahal masalah-masalah yang ada tersebut menjadi kompleks, semakin banyak masalah yang timbul. Kita harus bisa menjadi pemecah masalah besar dengan solusi yang lebih baik dari yang pernah ada.

3. Mereka Kehabisan Uang

Banyak sekali founder sebuah bisnis start up yang kehabisan uang, hal tersebut terjadi karena beberapa alasan. Di antara alasan-alasan itu mereka masih mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang kecil, mereka juga tidak bisa mengatur budget yang dialokasikan untuk perusahaan mereka atau juga mereka tidak merencanakan keuangan dengan baik atau bisa juga gabungan dari itu semua.

4. Mereka Hanya Menciptakan Konsep Bukan Produk yang Bisa Digunakan

Banyak ide-ide serta penemuan-penemuan unik  yang dilakukan oleh para pengusaha, tapi sesungguhnya para konsumen hanya membeli produk yang memang benar-benar bisa digunakan.

5. Adanya Celah Besar pada Strategi Mereka

Terkadang memang kita melihat celah yang ada dalam strategi kita dan membiarkannya saja. Celah yang ada bisa berupa ketersediaan komponen dan infrastruktur – bila hal tersebut dibirkan menjadi hambatan terhadap kelayakan strategi yang telah kita buat.

6. Tim Tidak Memiliki Apa yang Diperlukan

Seperti yang kita tahu, ketika strategi awal tidak berhasil kebanyakan pengusaha tidak bisa membenahinya, terkadang bila mereka berpartner akan saling berselisih satu sama lainnya. Sementara itu pebisnis yang lain mengeruk keuntungan yang besar karena kesalahan strategi kita tersebut. Pebisnis besar selalu mengatakan bahwa investasi yang besar ketika kita menjalankan bisnis yaitu berupa manajemen tim.

7. Pesaing yang Memiliki Solusi Tidak akan Menyerah Begitu Saja

Ada saja hambatan yang muncul bila kita ingin menggulingkan pesaing kita. Tapi terkadang solusi-solusi lama yang dilakukan dengan benar dapat membantu Anda dalam memenangkan persaingan.

8. Pasar Bergerak ke Arah Mereka atau ke Arah yang Tidak Kita Harapkan

Pasar adalah fenomena dengan banyaknya bagian yang sering berubah-ubah dan menjadikannya sangat sulit untuk diprediksi.  Selain itu juga para pebisnis terkadang tidak berpikir kedepan, sehingga mereka berada di tempat yang mereka tidak harapkan, bukan di pasar yang mereka rencanakan.

9. Mereka Mendengarkan dari Orang yang Salah

Dengan hype yang besar mengenai dunia wirausaha, semakin banyak informasi yang hanya mengedepankan kualitas itu berbanding terbalik dengan semakin sedikitnya  informasi yang mengedepankan kualitas. Dengan terjadinya hal tersebut membuat para pebisnis mendengarkan saran-saran yang kualitasnya dipertanyakan.

Jika usaha yang Anda rintis gagal, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa yang salah pada strategi Anda. Selalu ada solusi untuk memperbaiki kesalahan yang ada dan pastinya ada waktu lain untuk mencoba kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s