FATAL jika Dinding Pelabuhan tanpa Dock Bumper (Rubber Fender)

Costa Concordia adalah Kapal Pesiar Berkelas yang menawarkan 58 kamar suite dengan balkon, 5 restoran, 13 bar, 5 Jacuzzi dan 4 kolam renang, berkapasitas 3.700 tamu dan memperkerjakan 1100 crew. Dibangun oleh  Fincantieri Sestri Ponente, Italy dengan harga 450 million dapat berjalan dengan kecepatan maksimal 23 knot (43 km/jam), dilaunching pada tanggal 2 September 2005 dan tenggelam pada tanggal 13 January 2012.

 

 

Costa Concordia kandas di lepas pantai Italia, menewaskan sedikitnya 16 orang dan sekitar 17 orang masih hilang. Costa Concordia, yang membawa lebih dari 4.000 penumpang, mengalami masalah beberapa ratus meter dari pulau kecil dilaut Mediterannean Tuscan Giglio Jumat 13 January 2012 malam atau saat disajikannya makan malam. Sebuah operasi evakuasi, yang melibatkan helikopter dan perahu penyelamatan segera diluncurkan setelah kapal mulai tenggelam kemasukan air dan miring ke kanan. Coast Guard Italia mengatakan sedikitnya tiga mayat telah dievakuasi dari laut, dan setidaknya tiga lainnya dikhawatirkan tewas. Mereka yang telah dievakuasi ditampung di sekolah-sekolah, hotel dan sebuah gereja di pulau giglio yang terletak 18 mil di lepas pantai Italia. Saat matahari terbit hari ini, kapal terlihat hampir sepenuhnya tenggelam pada salah satu sisinya. Pemilik kapal perusahaan pelayaran Costa mengatakan penyebab kejadian tersebut belum dapat dikonfirmasi, dalam pernyataan di situsnya dikatakan: Costa Cruises menegaskan telah mengevakuasi sekitar 3.200 penumpang dan 1.000 awak kapal dari Costa Concordia.Sebuah insiden terjadi di dekat pulau Isola del Giglio dipantai Italia dan evakuasi telah dimulai,. Namun posisi kapal telah memburuk, sehingga sulit untuk menyelesaikan evakuasi. Pada saat ini, penyebab insiden tersebut belum bisa dikonfirmasi.

 

 

 

Kapal itu berangkat dari Civitavecchia di Italia dan sedang berlayar menuju ke Savona ketika kandas. Cruise dijadwalkan menuju di Marseille, Barcelona, Palma de Mallorca, Cagliari dan Palermo. Menurut Costa, sekitar 1.000 orang Italia, 500 dan 160 warga Jerman Prancis onboard, bersama dengan sekitar 1.000 anggota kru. menggambarkan insiden itu sebagai tragedi.

 Saksi mata mengatakan sejumlah orang melompat ke laut untuk berenang ke darat. Kami semua bekerja dan tiba-tiba kami merasakan perahu memukul sesuatu dan sepertinya kapal seperti tenggelam, semua gelas pecah dan semua orang mulai panik dan lari”. Kami hanya bisa merasakan bahwa kapal itu menabrak sesuatu, kita tidak tahu betapa seriusnya hal itu sampai kita keluar dan kita melihat melalui jendela dan kami melihat air semakin dekat dan dekat Semuanya terjadi sangat cepat dan kita melihat air yang mulai masuk. Saksi mata mengatakan bahwa setelah alarm darurat berbunyi orang-orang mulai panik dan saling mendorong untuk masuk ke sekoci.Banyak orang jatuh menuruni tangga dan terluka karena benda-benda yang jatuh menimpa mereka,” tambahnya. Pekerja mengatakan crew membutuhkan waktu yang lama untuk meluncurkan sekoci karena list manusia yang terdaftar dikapal itu begitu banyak.

 

Ini bukan pertama kalinya Costa Concordia terlibat dalam suatu insiden. 4 tahun lalu kapal ini pernah menyerempet dinding pelabuhan di Palermo, dan mengalami kerusakan serius di haluannya. 

karena Lambung Kapal langsung terbentur dengan dinding pelabuhan tanpa diredam karet dermaga (Rubber Fender) yang  berguna untuk peningkatan & penyerapan energi untuk gaya reaksi rasio kapal. Banyak dugaan Karet Fender yang dipasang di pelabuhan itu terlalu kecil dimensinya, sehingga tak mampu menahan benturan yang terjadi saat lambung kapal Costa Concordia bersandar di dinding Pelabuhan itu.

 

 

Hingga saat ini Captain kapal Costa Concordia Francesco Schettino masih dalam proses investigasi dan menjadi tahanan rumah karena diduga lalai menjaga keselamatan penumpangnya dan dia dalam tuduhan pembunuhan karena meninggalkan kapalnya sebelum semua penumpang abandon ship. Kapal Costa Concordia terindikasi menabrak karang sebelum kandas karena berlayar terlalu dekat dengan daratan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s