150 Murid dan 15 KK Terisolasi karena Jembatan Putus

jembatan teluk kabung

Hujan deras yang mengguyur Kota Padang Senin (26/5) malam, membuat air Sungai Batang Timbalun meluap. Luapan air menerjang oprit jembatan menuju SDN 01  Kecamatan Bungus, Teluk Kabung.  Dan akibatnya, sekolah dan penduduk sekitar terisolasi.

Budi  warga setempat, mengetahui kejadian ini setelah membuka kedai pagi harinya. Padahal, malam sekitar pukul 22.00 WIB, kondisi jembatan masih seperti biasa.  ”Sebelumnya kondisi jembatan ini kokoh, mungkin karena derasnya air jembatan roboh,” sebut Budi, kemarin.

Senada diungkapkan Yusmawarni guru SDN 01.  Ia terkejut melihat jembatan telah dihanyutkan air sungai. ”Begitu mendapat informasi saya langsung menuju lokasi. Ternyata benar, jembatan putus. Sebanyak 150 murid bakal telantar jika jembatan ini tidak segera diperbaiki,” tutur Yusmawarni.

Ia meminta pihak terkait segera membenahi jembatan tersebut dan memberi pengaman pada tebing sungai. Sebab, hampir tiap hujan deras air selalu meluap. ”Sebelumnya memang telah telah dipasang batu baronjong, tapi tak banyak membantu,” ujarnya.

Ketua RT 03 RW 02 Amli Tanjung mengatakan, ada sekitar 15 kepala keluarga yang tinggal di seberang atau di sekitar SD. Ruli (15) warga RT 4 RW 3, persisnya di belakang SDN 01 mengatakan, kalau ingin ke luar terpaksa menyeberangi sungai dengan perahu karet. ”Warga sini menyeberang dengan perahu karet yang ditarik dengan tali,” tuturnya.

Staf Pengawas Jembatan Dinas PU Kota Padang, Idwar mengatakan, perbaikan jembatan bakal dilakukan secepatnya. Menunggu jembatan permanen siap, untuk sementara akan dibangun jembatan darurat. ”Kami akan membangun jembatan darurat terlebih dulu. Sebab tidak ada akses lain selain jembatan ini,” ucapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s