Asphaltic Plug Expansion Joint

Asphaltic Plug Expansion Joint adalah material binder atau “SIAR MUAI” yang bermutu tinggi. Sebagai hasil modifikasi  dari bahan aspal  dan karet sintetis dan atau elastomer serta bahan lainnnya sehingga produk ini bersifat  kuat, liat, elastis, dan lebih tahan panas
(jauh diatas ASTM), yang diperuntukkan sebagai binder pada sambungan siar muai untuk jembatan dan jalan layang, khususnya dinegara beriklim tropis seperti di Indonesia.
Dimana beban traffic seringkali diatas ambang batas.

IMG_6490

Keunggulan produk
-Liat, ulet, elastis dan tidak tembus air (Waterproof).
-Daya Lekat yang tinggi.
-Perawatan yang mudah.
-Pemasangan dan perbaikan yang mudah dan sederhana.
-Sanggup bertahan pada temperatur / suhu ruang yang tinggi , khususnya di daerah tropis.
-Tidak mudah teroksidasi dan terkontaminasi oleh bahan kimia lain.
Asphaltic Plug Expansion Joint merupakan hasil formulasi yang presisi dari aspal minyak, elastomer polymer, material filler, dan stabilisator,
serta beberapa material lain yang kemudian dilelehkan pada temperatur tertentu ,
dicampurkan hingga homogen, sampai akhirnya didapat produk yang bermutu tinggi,
yang sesuai dengan kondisi ekstrim di Indonesia. Selanjutnya pada pemasangan dilapangan,

 

IMG_6496

Asphaltic Plug Expansion Joint dipanaskan kembali, lalu  ditambahkan serta dicampur dengan agregate dengan ukuran tertentu yang bersih dan lulus uji mutu, dengan pelaksanaan teknis pemasangan yang sesuai prosedur standar yang telah baku.

Asphaltic Plug Joint (1)Asphaltic Plug Joint (2)Asphaltic Plug Joint (3)

Produk ini diproduksi dengan kontrol mutu yang ketat.

Sifat fisik produk
Tampak visual ……………………………….………………………………………Padatan dan Elastis dan Ulet
Warna ………..…………………………………………………………………………….Hitam
Berat Jenis (gr/cc)…………………………………….……………………………….. > 1,5
Cone penetration test 60°C (0.1mm, 5 dtk, 100 gr)……………………10 – 12 dmm
Titik lembek (softening point), ring and ball test °C…………………..125o – 128o C
Tes kemiringan (flow resistence) %……………………………………………0
Suhu tuang °C……………………………………………………………………………180
Titik nyala dan titik bakar °C……………………………………………………..324/ 340
Kelekatan pada batuan %…………………………………………………………..99%

IMG_6493IMG_6494
Pelaksanaan di Lapangan
Semua permukaan pada rencana tempat siar muai dipasang harus dipastikan dalam keadaan kering,
bersih dari pasir, debu dan dari semua partikel lainnya, serta dikeringkan dengan udara panas dari kompresor.
Lebur ASPHALTIC PLUG JOINT pada boiler dengan mixer khusus sampai pada temperatur leleh (180° C),
jaga temperatur agar tidak lebih dari temperatur maksimum, jangan dipanaskan berlebihan,
dan perlu diusahakan agar tidak lebih dari 8 jam dalam keadaan panas, sebab kualitas produk akan berkurang.
Campurkan batu aggregate dengan ukuran tertentu dan lulus uji mutu yang sudah dibersihkan  dan dipanaskan dalam barrow mix ,
kemudian aspal panas dan batu panas dituangkan kedalam beli mix, kemudian diaduk dengan perbandingan tertentu sampai homogen dan adukan  siap untuk dipasang,
dengan mengikuti prosedure standar yang ada. Sebaiknya setiap adukan produk, atau ASPHALTIC PLUG JOINT   yang sudah dilelehkan dan kemudian didinginkan kembali,  tidak dipakai lagi untuk pekerjaan berikutnya.

Lingkungan, Keselamatan kerja, Kesehatan kerja serta Transportasi
Perhatian ekstra akan norma keselamatan kerja (Safety First) terhadap para personil harus diberikan ketika melaksanakan aplikasi produk ini.
Sarung tangan, kacamata pelindung, pakaian kerja yang sesuai, serta sepatu khusus harus dipakai oleh personil yang terlibat dengan pekerjaan ini.
Demikian juga dengan rambu dan tanda khusus lalulintas pada lokasi ketika pelaksanaan.
Pengangkutan produk ini dari satu lokasi kelokasi lain di Indonesia tidak memerlukan izin khusus, baik itu berdasarkan peraturan nasional maupun internasional,
sebab ASPHALTIC PLUG JOINT  tidak berbahaya bagi mahluk hidup maupun lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: